• Si Novac

4 Tahun Aiptu Sutomo berkiprah untuk warga, akhirnya diganjar Penghargaan


SuaraInfo | Penghargaan yang diberikan kepada Aiptu Sutomo, Bhabinkamtibmas Polsek Tegaldlimo, Polres Banyuwangipantas diterimanya atas kiprahnya selama empat tahun memperjuangkan program bedah rumah bagi warga kurang mampu dan penerangan jalan umum di beberapa desa di Banyuwangi.


"Sudah ada 15 rumah yang telah dibedah, sebanyak 14 unit dilingkungan tinggal saya dan desa binaan kami, 1 lagi rumah roboh di Desa Kedungwungu, jadi semua sudah 15 unit rumah yang dibedah," jelas Aiptu Sutomo.

Sutomo bercerita berawal dari temuannya dimana sejumlah warga dilingkungan dan desa binaanya masih memiliki rumah yang bangunannya sangat memprihatinkan dan sangat tidak layak huni. Temuan itu kemudian dibahas di warung kopi dan berlanjut ke tahap pembentukan panitia.


"Tiap tahun bangun satu, dua, rumah dengan dana swadaya masyarakat," ungkapnya.


Kiprah Aiptu Sutomo tidak berhenti hanya sampai bedah rumah dia terus berkiprah untuk kemaslahatan warga, dia juga mewujudkan penerangan jalan umum sehingga menerima pnghargaan dari Lemkapi atas dedikasinya tersebut, sudah 315 PJU yang didirikan bersama warga, “ Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan di sekitar desa “, kata Aiptu Sutomo.


"Di Desa Tegaldlimo dana yang terkumpul untuk pengadaan PJU swadaya Rp 231 juta. Sedangkan di Desa Ringinpitu jumlahnya Rp 150 juta. Kita lakukan agar tidak ada kejahatan di tempat gelap," tambahnya.


Direktur Lemkapi Edi Hasibuan mengaku ingin segera tiba di ujung timur Jawa untuk bertemu dengan Aiptu Sutomo, rasa penasarannya begitu tinggi setelah mendapatkan identitas dan kisah Aiptu Sutomo di google, "Jika semua Bhabinkamtibmas seperti Pak Sutomo, Polri akan baik di mata masyarakat dan kepercayaan mereka akan semakin bagus," katanya. (Tok)

3 views0 comments